Rabu, 16 November 2011

Hutan Konawe

LSM GARDA Sultra Prihatin dengan maraknya penebangan disepanjang aliran sungai

Sultra, Garda
Maraknya Pengolahan Kayu di Kabupaten Konawe mengundang protes keras LSM GARDA Sultra, hal ini di akibatkan proses penebangan yang di lakukan oleh para pengolah kayu sudah tidak memperhatikan lagi rambu-rambu tentang jarak penebangan dari tepi sumber air seperti sungai.
 Direktur LSM GARDA Sultra Alimudin Lapae mengungkapkan dari hasil pantauannya di beberapa titik lokasi pengolahan kayu terdapat beberapa kekeliruan dalam melakukan penebangan oleh para pengolah kayu, adanya penebangan di bibir sungai maupun anak sungai.
“Berdasarkan aturan yang tertuang dalam Undang Undang No 41 tahun 1999 Kehutanan secara jelas telah menggariskan pelarangan melakukan penebangan di tepi anak sungasi radius 50 meter dari bibir anak sungai, dan radius 100 meter dari bibir sungai” jelas Alimudin
Yang sangat fatal sungai maupun anak sungai sebagai sumber air yang di manfaatkan untuk pengairan areal persawahan tidak mendapat perhatian serius dalam hal pengawasannya sehingga terjadi pengikisan sepanjang aliran sungai bahkan disalah satu titik pantauan bendung yang di manfaatkan petani di Desa Anggotoa dan Kukuluri Kecamatan Wawotobi untuk pengairan terjadi pendangkalan.
Selain itu tanaman Sagu sebagai tanaman makan pokok masyarakat Sulawesi Tenggara banyak yang rusak terbawa arus sungai yang meluap ini semua bagian dari akibat penebangan di tepi sungai.
Alimudin Lapae secara tegas meminta kepada pihak Kehutanan agar selalu mengawasi lokasi pengolahan kayu yang di beri Izin pengolahan oleh pihak kehutanan dan segera mencabut izin pengolahan kayu jika di temukan adanya penebangan di tepi sumber air yang melanggar batas radius penebangan.
Pengolahan kayu perlu mendapat pengawasan yang cukup ketat agar tidak menimbulkan banyak kerugian di tengah masyarakat, selain itu perlu adanya tindakan tegas bagi pengusaha kayu yang tidak memperhatikan rambu-rambu yang ada.(Tim)


Kerusakan Tanaman Sagu akibat penebangan kayu di tepi anak sungai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman