Minggu, 03 Februari 2013

Konflik Tanah Warga

PT HASPRAM Vs Masyarakat Lambandia

Kolaka-GARDA, Konflik perkebunan PT Ladongi dan PT Haspram, masalah pertanahan yang tak pernah tuntas.Indikasinya, merebak kepermukaan sehingga nyaris terjadi konplik internal sesama kelompok masyarakat yang mengklaim sebagai pemeilik tanah perkebunan.
    Untuk mencegah konflik dengan masyarakat, Pemda dipimpin Wakil Bupati Kolaka, H Amir Sahaka, Asisten II, H Eko Buadiarto Santoso pertemuan sejumlah Kepala SKPD terkait masalah itu.
      Demikian, Haning Abdullah, anggota tim Pemda Kolaka untuk menyelesaikan sengketa kasus tersebut.Dan beberapa aparat yang ikut menengai dan sekaligus mengamankan
Dikatakannya, HGU atas nama PT Perkebunan Ladongi dan PT Haspram seluas 6.070 hektare, kini dalam penguasaan PT Sandapi setelah melalui proses lelang di Kejagung dan dimenangkan Sandapi.
    Terkait kasus lahan PT Perkebunan Ladongi dan PT Haspram, menurut Haning, untuk menyelesaikan konflik internal, pembeli diwakili 7 orang, pemilik penuntut hak ulayat juga diwakili 7 orang, serta masyarakat pewaris lama yang sudah pernah menjual juga diwakili 7 orang.
      “Ketiga kelompok elemen ini mempercayakan kepada tim Pemda mencari solusi terbaik bagi kepentingan masyarakat,’’ kata Haning
Tim yang diketuai Asisten II, Eko Budiarto Saula dengan dipercayakannya Pemda bertindak sebagai tim penyelesain konflik internal masyarakat seperti ini, ketiga elemen bertanggungjawab menjaga anggotanya agar suasana kondunsif.
Itu disaksikan langsung para muspida serta 4 kecamatan masing-masing Ladongi, Poli-Polia, Lambandia dan Dangia.
    Intinya, bagaimana mencapai kesepakatan secara bermusyawarah tanpa menimbulkan komplik internal dimsyarakat,”kata Haning.
Selain itu, kata Haning, dia optimis kerja tim Pemda bisa berhasil mencari solusi bagi warga selama ini tidak pernah menemukan kesepakatan.
kami juga berharap acuan hukum, antara masyarakat dengan masyarakat dan masyarakat dengan PT Sandapi. (RT/SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman