Minggu, 10 Februari 2013

PERS Pilar Demokrasi Ke-Empat di Indonesia

Tanggal 9 Pebruari Hari PERS Nasional

"Hari Pers Nasional yang jatuh tepat pada hari ini, 9 Februari. Tak sekedar media komunikasi, pers juga telah menjelma menjadi pilar penjaga demokrasi Indonesia.

Pers harus lebih mampu mengontrol segala tindakan abuse of power (penyalahgunaan kekuasaan) yang dilakukan para penguasa. Pers harus memperkuat peran sebagai penyuara kepentingan publik dibanding kepentingan segelintir elit yang tengah berkuasa. Kasus korupsi banyak terbongkar karena peran pers. Inilah makna kebebasan pers dan demokrasi media.

Sekedar contoh, foto wartawan Alex dan Frans Mendur yang mengabadikan peristiwa Proklamasi, salah satu bukti jasa pers bagi kemerdekaan.

Partai Gerindra melihat pers sebagai mitra perjuangan yang sangat penting. Partai Gerindra mengucapkan selamat Hari Pers Nasional, semoga pers Indonesia terus maju dan berkembang." (Fadli Zon, Wakil Ketua Umum Gerindra)

Foto: Alex dan Frans Mendur, tanpa jasa mereka, mungkin kita tak bisa melihat dokumentasi momen paling bersejarah bangsa ini, yaitu proklamasi kemerdekaan. (IPPHOS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman